Rabu, 11 Mei 2016

SMART ENTREPRENEUR (Promosi)

SMART ENTREPRENEUR (Promosi)
 
Promosi adalah proses menawarkan suatu produk yang dimiliki dari seorang produsen kepada konsumen dengan tujuan untuk menambah penghasilan atau kekayaan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada 6 jenis promosi, yaitu:
  1. Penjualan Personal (Personal Selling)
    Penjualan personal dilakukan door to door. Door to door adalah teknik penjualan di mana penjual berjalan dari pintu satu rumah ke pintu yang lain mencoba untuk menjual suatu produk atau jasa kepada masyarakat umum.
  2. Iklan (Advertising)
    Iklan dirancang untuk membangkitkan minat masyarakat pada suatu produk. Contoh promosi jenis iklan adalah iklan-iklan yang kita lihat di TV yang mengisi sela-sela acara yang kita tonton.
  3. Publikasi (Publication)
    Publikasi dalam hal ini adalah penyebaran informasi mengenai suatu produk.
  4. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
    Promosi penjualan adalah serangkaian kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Contohnya, ketika pameran mobil banyak SPG (Sales Promotion Girl) yang ikut memamerkan mobil.
  5. Sponsorship
    Sponsorship adalah bentuk dukungan pada suatu acara, aktivitas, orang, atau organisasi yang saling menguntungkan. Sponsor adalah individu atau kelompok yang memberikan dukungan.
  6. Komunikasi di tempat penjualan
    Penjual atau sales pada jenis promosi ini tidak agresif. Penjual hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan konsumen.
Tujuan utama dari promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk, serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang perusahaan dan bauran pemasarannya. Beberapa tujuan promosi :

1)      Menyebarkan informasi, merek dan produk  kepada target pasar potensial
2)      Menaikkan tingkat penjualan
3)      Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan lama
4)      Untuk menjaga kestabilan penjualan
5)      Untuk membedakan keunggulan produk dengan pesaing 
       Untuk membentuk citra produk dan citra merek  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar