SMART ENTREPRENEUR (Promosi)
Promosi adalah proses menawarkan suatu produk yang
dimiliki dari seorang produsen kepada konsumen dengan tujuan untuk menambah
penghasilan atau kekayaan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada 6
jenis promosi, yaitu:
- Penjualan Personal (Personal
Selling)
Penjualan personal dilakukan door to door. Door to door adalah teknik penjualan di mana penjual berjalan dari pintu satu rumah ke pintu yang lain mencoba untuk menjual suatu produk atau jasa kepada masyarakat umum. - Iklan (Advertising)
Iklan dirancang untuk membangkitkan minat masyarakat pada suatu produk. Contoh promosi jenis iklan adalah iklan-iklan yang kita lihat di TV yang mengisi sela-sela acara yang kita tonton. - Publikasi (Publication)
Publikasi dalam hal ini adalah penyebaran informasi mengenai suatu produk. - Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Promosi penjualan adalah serangkaian kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Contohnya, ketika pameran mobil banyak SPG (Sales Promotion Girl) yang ikut memamerkan mobil. - Sponsorship
Sponsorship adalah bentuk dukungan pada suatu acara, aktivitas, orang, atau organisasi yang saling menguntungkan. Sponsor adalah individu atau kelompok yang memberikan dukungan. - Komunikasi di tempat penjualan
Penjual atau sales pada jenis promosi ini tidak agresif. Penjual hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan konsumen.
Tujuan utama dari promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi dan
membujuk, serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang perusahaan dan bauran
pemasarannya. Beberapa tujuan promosi :
1) Menyebarkan
informasi, merek dan produk kepada
target pasar potensial
2) Menaikkan
tingkat penjualan
3) Untuk
mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan lama
4) Untuk
menjaga kestabilan penjualan
5) Untuk
membedakan keunggulan produk dengan pesaing
Untuk membentuk citra
produk dan citra merek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar